info sekolah gratis, serba-serbi

Sejarah Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Untuk melengkapi pengetahuan temen-temen tentang STIS atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, nich saya share sejarahnya. Semoga bermanfaat^^V,kali aja keluar di soal pengetahuan umumnya. Silakan Menikmati^^.

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang dikenal saat ini mempunyai riwayat yang cukup menarik dalam pembentukannya, dimulai dari berdirinya Akademi Ilmu Statistik (AIS) sampai menjadi STIS. Pada tanggal 11 Agustus 1958, Perdana Menteri Republik Indonesia, waktu itu Ir. H. Djuanda, mengeluarkan Surat Keputusan No. 377/PM/1958 tentang berdirinya Akademi Ilmu Statistik. Tujuan utama pendidikan AIS adalah mendidik tenaga pelaksana kegiatan statistik pada tingkat semi ahli yang mampu melaksanakan dan mengembangkan perstatistikan nasional. Tiga tahun kemudian AIS sudah menghasilkan lulusan. Hingga saat ini (tahun 2012) AIS/STIS sudah menghasilkan 51 angkatan.

Pada awalnya AIS mendapat bantuan dana dan tenaga ahli dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bantuan disalurkan melalui Statistical Research and Development Centre yaitu lembaga yang didirikan oleh pemerintah Indonesia c.q. Biro Pusat Statistik (BPS) bekerjasama dengan badan PBB, United Nations Development Program (UNDP).

Pada tahun 1964 BPS bahkan membuka Perguruan Tinggi Ilmu Statistik (PTIS) dengan mahasiswa yang terdiri dari lulusan AIS dan dosen berasal dari PBB serta alumni AIS. Tujuannya adalah meningkatkan  pendidikan untuk lulusan AIS. Pada tahun 1965 bantuan int terhenti karena Indonesia keluar dari PBB, sejak saat itu PTIS ditutup. Walaupun PTIS sudah tidak beroperasi, AIS tetap melaksanakan proses pendidikan.

Dengan persetujuan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) melalui Surat No. 295/D/T/97 tangga 24 Pebruari 1997 tentang diijinkannya Badan Pusat Statistik (BPS) menyelenggarakan Program Pendidikan Diploma IV, kemudian diterbitkan Keppres No. 163 Tahun 1998 tentang STIS di bawah naunagn BPS, maka sejak saat itu berdirilah STIS dengan dua jurusan yaitu jurusan Statistika dan jurusan Komputasi Statistik. Sesuai denga Keppres di atas status STIS adalah sekolah tinggi kedinasan yang menyelenggarakan jenis Pendidikan dan Kebudayaan, dan pembinaan secara fungsional dilaksanakan oleh Kepala BPS.

Dalam pengelolaanya STIS tetap konsisten memberikan ikatan dinas (ID) kepada mahasiswa, dan lulusannya diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di BPS seluruh Indonesia.

“jika kawan-kawan suka dengan artikel ini dan merasa bermanfaat bagi temen2 kasih komen yah”
thanks

About wincfp

oke save confidence

Discussion

3 thoughts on “Sejarah Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

  1. mantap

    Posted by dodol | November 30, 2012, 5:52 pm
  2. woww bisa di jadiin novel tuh sjrahx stis…^^

    ( thanks bwat infox )

    smoga tahun ni gua lolos… aminnnn

    Posted by fatimah | May 3, 2013, 8:41 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 52,642 hits
Powered by Wordpress ~ Redesigned by wincfp

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 3 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: